1 Radian, Seperti Apakah Itu?

Seringkali saat belajar tentang gerak melingkar di pelajaran fisika, kita berhadapan dengan satuan sudut radian; namun, seperti apakah radian itu? Jarang sekali dijelaskan lebih rinci tentang makna satuan radian, kita biasanya hanya memakai saja satuan itu tanpa mengetahui maknanya. Pada artikel ini kita akan membahas tentang definisi radian dan pemakaiannya.

Radian dalam matematika dan fisika adalah satuan untuk sudut (q ), sama seperti derajat. Definisi 1 radian untuk mudahnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini


Gambar 1. Gambar Lingkaran dan Definisi 1 Radian

Saat panjang busur s sama dengan jari-jari (R) lingkaran, sudut yang dibentuknya adalah sebesar 1 radian, itu definisi 1 radian.
Radian sendiri definisinya adalah perbandingan antara panjang busur lingkaran yang membentuk sudut tersebut dengan jari-jari lingkarannya.


untuk 1 radian berarti s dibagi dengan jari-jari R, karena s = R, maka s/R = R/R = 1.
http://fisikaveritas.blogspot.com: Diizinkan menyalin artikel ini jika mencantumkan FISIKAVERITAS sebagai sumbernya
Nah, berarti berapa sudut yang dibentuk satu lingkaran penuh? Tentu saja 3600; namun berapakah sudut yang dibentuk satu lingkaran penuh dalam satuan radian? Sudut dalam satuan radiannya adalah panjang busur yang dibentuk satu lingkaran penuh (yaitu keliling lingkaran) dibagi dengan jari-jarinya (R). Ingat bahwa rumus keliling lingkaran adalah

Artinya


Ini menunjukkan bahwa


Jika kita konversi, maka


Radian dan derajat adalah dua satuan untuk sudut namun besarnya berbeda. Perlu Kamu ketahui, satuan derajat lebih disukai pemakaiannya di dalam dunia keteknikan (engineering), sedangkan satuan radian dipakai hampir secara ekslusif hanya di dalam studi teoritis seperti pada kalkulus karena satuan radian untuk kalkulus jauh lebih sederhana dan hasilnya lebih pasti. Simbol derajat biasanya ditulis dengan simbol 0, dan untuk radian biasanya tidak ada simbol khusus yang digunakan walaupun biasanya ada yang menulis rad atau radian untuk simbol satuannya.
http://fisikaveritas.blogspot.com: Diizinkan menyalin artikel ini jika mencantumkan FISIKAVERITAS sebagai sumbernya

Trivia
Quiz kecil-kecilan:
Berapakah panjang busur yang dibentuk jika sudut yang dibentuk dalam lingkaran berjari-jari 10 cm adalah sebesar 430?
Kita gunakan rumus definisi radian berikut


Kita konversi 430 ke dalam radian,


Berarti panjang busur lingkaran dengan sudut 430 adalah sebesar


Semoga bermanfaat.


No comments :

Post a Comment

Silahkan Tulis Komentar Kamu :)