Kelembaban yang Tinggi Membuat Temperatur Terasa Lebih Panas?

Kita langsung saja: mungkin ada yang bertanya, kenapa kelembaban yang tinggi membuat temperatur terasa lebih panas daripada yang sebenarnya?
Penjelasannya seperti ini: ketika kita mulai merasa kepanasan, tubuh kita secara otomatis mengeluarkan air (keringat) dari kelenjar keringat melalui kulit. Air ini ketika di permukaan kulit akan menguap ke udara; yang mana air keringat ini berubah menjadi uap air yang tak terlihat, berupa gas. Penguapan membutuhkan energi panas (atau disebut pula kalor) agar molekul-molekul air di kulit kita dipercepat dan kemudian berubah menjadi uap air. Tubuh kita –yang kepanasan–  memberikan energi panas yang dibutuhkan untuk mempercepat molekul-molekul air tadi. Itu artinya, air (keringat) yang menguap dari kulit kita membawa pergi energi panas yang berasal dari kulit ke udara, sehingga kita merasa lebih dingin.
Perlu diperhatikan, ketika udara semakin lembab, semakin sulit terjadinya penguapan uap air ke udara. Ini berarti bahwa menguapnya keringat dari tubuh kita menjadi semakin lambat dan akhirnya hanya sedikit panas dari tubuh kita yang terbuang ke udara, jadi temperatur terasa lebih panas daripada yang sebenarnya. Perlu diingat pula, kelembaban yang tinggi tidak menambah temperatur udara, namun hanya memperlambat proses penguapan saja, yang artinya tubuh kita tidak bisa mendingin dengan cepat jika dibandingkan dengan kita berada di tempat yang udaranya lebih kering (kelembaban rendah).
Jika udara tidak terlalu lembab, kipas angin dapat membantu Kamu agar merasa lebih dingin karena udara kering yang tertiup tergantikan dengan udara yang sedikit lebih lembab dengan penguapan keringat dari tubuh Kamu. Namun, kipas angin tidak membantu jika udaranya sangat panas dan sangat lembab. Ada solusi lagi untuk mendinginkan tubuh Kamu, yaitu dengan menggunakan AC (Air Conditioner), AC dirancang tidak hanya untuk mendinginkan udara, namun juga mengurangi kelembabannya. 
Begitulah kira-kira.. Semoga bermanfaat.


No comments :

Post a Comment

Silahkan Tulis Komentar Kamu :)