Cara Mengukur Massa Jenis Padatan, Cairan, dan Gas

Dalam fisika, massa jenis atau disebut pula kerapatan (density) suatu zat didefinisikan sebagai perbandingan antara massa suatu zat dengan volume zat tersebut. Massa jenis biasanya diukur dalam satuan gram per centimeter kubik (g/cm atau g/cc) atau pound per kaki kubik (lb/ft3).

Massa jenis menyatakan kerapatan suatu zat. Massa jenis berbeda-beda untuk setiap zat yang berlainan. Contohnya, massa jenis air adalah 1 g/cc (atau 1 ton/m3) artinya ada 1 gram air dalam 1 centimeter kubik air, bandingkan dengan massa jenis aluminium yang sebesar 2,7 g/cc (atau 2,7 ton/m3); aluminium lebih rapat daripada air karena dalam volume 1 cm3 yang sama, aluminium bermassa 2,7 gram sedangkan air hanya 1 gram; aluminium lebih rapat daripada air.http://fisikaveritas.blogspot.com: Diizinkan menyalin artikel ini jika mencantumkan FISIKAVERITAS sebagai sumbernya
Massa jenis atau kerapatan (density) suatu zat memainkan peranan penting di dalam fisika maupun terapannya, contohnya pada studi tentang pencarian minyak dan gas alam, studi tentang mekanika fluida, studi tentang logam, studi polimer, studi lapisan bumi dan studi tentang desain/struktur, studi-studi tersebut menggunakan analisis serta pengukuran massa jenis zat.
Kita beralih ke topik utama: bagaimana cara mengukur massa jenis suatu zat, baik itu padatan, cairan, maupun gas? Caranya disajikan oleh gambar di bawah ini.


http://fisikaveritas.blogspot.com: Diizinkan menyalin artikel ini jika mencantumkan FISIKAVERITAS sebagai sumbernya
TRIVIA:
  • Massa jenis suatu zat bergantung pada temperaturnya, jika temperatur zat tersebut tinggi maka zat akan memuai (volumenya menjadi lebih besar dengan massa yang tidak berubah), artinya semakin tinggi temperatur maka massa jenis atau kerapatan suatu zat akan berkurang. Selain bergantung pada temperatur, massa jenis zat juga tergantung pada tekanan yang dikenai pada zat tersebut, makin tinggi tekanan yang dikenai padanya maka volumenya akan semakin kecil (dengan massa yang tidak berubah), maka massa jenisnya akan semakin tinggi seiring bertambahnya tekanan yang dikenai padanya. Namun untuk beberapa jenis zat, massa jenisnya tidak terlalu sensitif terhadap perubahan temperatur dan/atau tekanan.
  • Alat untuk mengukur gravitasi jenis suatu cairan adalah hidrometer. Dengan menggunakan alat ini, mengukur massa jenis cairan akan lebih praktis.
  • Berikut adalah massa jenis beberapa zat



4 comments :

  1. trimakasih, sangat bermanfaat. sumbernya dari mana ya?

    ReplyDelete
  2. Terima kasih kembali :)
    Sumbernya dari buku fisika dasar dan ensiklopedia encarta..

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. sangat bermanfaat, terima kasih banyak

    ReplyDelete

Silahkan Tulis Komentar Kamu :)