Download dan Install Ubuntu di Komputermu

Kamu mungkin belum tahu apa itu Ubuntu.
Lihat Ubuntu di website resminya: http://www.ubuntu.com/


Ubuntu adalah operating system (OS) yang sangat terkenal dan dapat diunduh secara gratis (open source); berbeda dengan Windows yang merupakan OS komersial alias berbayar.
Ubuntu (Linux) adalah salah satu OS yang berbasis UNIX yang sangat powerful, karena cocok (compatible) digunakan untuk banyak keperluan developing software, game, animasi, komputasi, dan sebagainya.

Kata Ubuntu sendiri adalah sendiri berasal dari kata berbahasa Afrika kuno yang berarti 'kemanusiaan untuk semua'. Kamu dapat membaca tentang cerita didirikannya Ubuntu di sini:

Setiap OS pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tidak terkecuali Ubuntu.
Ubuntu memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan OS komersial seperti Windows, di antaranya Ubuntu adalah OS open source, lebih ringan dalam operasi,  pemakaian listrik baterai lebih hemat, tidak rentan virus (karena sebagian besar virus hanya bekerja di lingkungan Windows), dan dapat dengan mudah disesuaikan dengan keperluan kita. Adapun kekurangan Ubuntu dibandingkan dengan OS komersial (misalnya Windows) di antaranya adalah banyak software yang tidak bisa dijalankan di Ubuntu karena kebanyakan software dibuat untuk lingkungan Windows; selain itu, software untuk mengolah kata, mengolah data, dan pembuat presentasi di Ubuntu tidak sebagus di Windows, seperti Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Install-lah Ubuntu di komputer Kamu, karena suatu saat Kamu akan membutuhkannya, maybe.

Jika Kamu tertarik dan ingin mencoba OS Ubuntu, Kamu dapat download Ubuntu di website resminya. Kika Kamu menggunakan OS Windows di komputer Kamu, tenang saja, dengan meng-install Ubuntu, Windows Kamu tidak akan terhapus, Kamu dapat menginstall dua OS dalam satu komputer, kompensasinya adalah, memori Hard Disk komputer Kamu di setiap OS akan terbagi, namun sekali lagi, tenang saja, Kamu dapat membagi berapa banyak kapasitas memori Hard Disk untuk OS Ubuntu di komputer Kamu, misalnya saja 30 Gb.

Download dan Instalasi Ubuntu sangat mudah;
Adapun tahapan yang harus Kamu lakukan untuk men-download serta meng-install Ubuntu di komputer Kamu adalah sebagai berikut:
1. Siapkan komputer, koneksi internet, dan jaga daya (baterai) komputer Kamu agar tidak habis saat proses instalasi sedang berlangsung.

2. Jika Kamu sekarang menggunakan OS Windows, download dulu installer  Ubuntu di sini
Klik Get the installer.

Klik Get Installer di Halaman Tersebut untuk Download Windows Installer

3. Setelah installer  selesai di-download sekarang buka website berikut: 
Download Ubuntu dari halaman tersebut; pilih sistem OS Ubuntu yang Kamu inginkan, jika RAM komputer Kamu kurang dari 2 Gb, pilih sistem 32-bit kemudian klik Ubuntu 12.04 LTS

Klik Ubuntu 12.04 LTS di Halaman Tersebut

Kamu kemudian akan dialihkan ke halaman donasi, langsung saja klik Not now, take me to the download untuk langsung men-download. Tunggu beberapa saat, Ubuntu segera ter-download.

Klik  Not now, take me to the download di Halaman Tersebut 

4. Tunggu sampai Ubuntu selesai di-download. Ukuran Ubuntu sekitar 800 Mb sebelum diinstalasi.

5. Setelah Ubuntu selesai di-download, pindahkan file Ubuntu tadi ke folder yang sama di folder tempat Kamu meletakkan file Installer.

6. Setelah semua siap, lakukan instruksi di bawah ini 


Jika Kamu restart komputermu setelah Ubuntu selesai diinstalasi, maka untuk pertama kalinya komputer Kamu akan menjalankan Ubuntu; namun setelah itu, setiap kali Kamu menyalakan komputer, Kamu dapat memilih OS yang akan digunakan, Windows atau Ubuntu. Selamat menikmati Ubuntu, sebuah pilihan bijak untuk tidak melakukan pembajakan karya intelektual (komersial) seseorang atau perusahaan tertentu.

1 comment :

  1. Terima kasih infonya..
    Sangat bagus :D

    ReplyDelete

Silahkan Tulis Komentar Kamu :)