Install Gnuplot di Ubuntu untuk Visualisasi Data

Gnuplot adalah program perintah-baris (command line) portabel yang berguna untuk mem-visualisasi data. Gnuplot disediakan untuk lingkungan Linux, MS. Windows, OS/2, OSX, dan OS lainnya.
Lihat website resminya di sini: http://www.gnuplot.info/
Dengan Gnuplot, Kamu dapat membuat visualisasi seperti gambar di bawah ini

Contoh Visualisasi Data dengan Gnuplot (http://gnuplot.10905.n7.nabble.com/Removing-hidden-surfaces-in-a-3d-plot-but-keeping-the-lines-td2591.html)

Untuk berbagai contoh-contoh dan demo Gnuplot, dapat dilihat di sini: http://gnuplot.sourceforge.net/demo/
Jika Kamu menggunakan OS Ubuntu 12.04 LTS, kamu dapat dengan mudah menginstalasi gnuplot dengan menggunakan Terminal Ubuntu. Jika Kamu belum menggunakan Ubuntu, silahkan baca artikel Fisika Veritas berikut: Download dan Install Ubuntu di Komputermu.
Gnuplot jauh lebih mudah diinstalasi di Ubuntu daripada di Windows, jadi di sini kita hanya akan membahas tentang bagaimana instalasi gnuplot di Ubuntu (terutama Ubuntu 12.04).
Sekarang kita akan membahas bagaimana cara menginstalasi gnuplot di Ubuntu. Langkah-langkahnya adalah seperti berikut (jangan lupa koneksi internet harus aktif, karena instalasi gnuplot terhubung website Ubuntu):
Langkah Pertama:
Buka Terminal Ubuntu
Terminal Ubuntu
Langkah Kedua: 
Ketikkan sudo apt-get install gnuplot rlwrap  kemudian tekan tombol Enter. Masukkan password Ubuntu Kamu jika diminta, kemudian tekan tombol Enter. Ketik huruf Y  jika diminta instalasi dan/atau download data (maksudnya: Y untuk Yes). Tunggu sampai selesai.
Langkah Ketiga:
Setelah selesai (jika tidak ada pesan error), ketik gnuplot di Terminal kemudian tekan Enter. Muncul tampilan berikut:
Terminal Ubuntu Setelah Gnuplot Diaktifkan
Gnuplot sudah dapat digunakan, cobalah ketik plot sin(x)/x dan kemudian tekan Enter. Muncul kurva yang merepresentasikan fungsi yang kamu plot tadi.
Tampilan Plot sin(x)/x
Gnuplot dapat digabung dengan listing program C sehingga jika kita membuat program dengan bahasa C yang mengeluarkan output data yang akan kita plot, kita bisa langsung menambahkan syntax gnuplot di dalam program C kita tadi sehingga dapat langsung diplot di gnuplot. Silahkan klik tab menu Tutorial+ Fisika Veritas untuk melihat artikel yang berisikan contoh implementasi syntax gnuplot dalam program C.
Selamat menggunakan gnuplot.


No comments :

Post a Comment

Silahkan Tulis Komentar Kamu :)