Kaleng Susu dengan Dua Lubang

Biasanya, orang membuat dua lubang di kaleng susu untuk mengeluarkan susu dari dalam kaleng tersebut. Kenapa tidak membuat sebuah lubang saja? Karena jika kaleng susu tersebut hanya dibuatkan sebuah lubang, maka kita akan kesulitan mengeluarkan susu dari dalam kaleng tersebut, coba saja! Jika kita buat dua buah lubang atau lebih pada kaleng, maka akan lebih mudah untuk mengeluarkan susu dari kaleng tersebut.  Pertanyaannya, mengapa hal ini terjadi?
fisikaveritas.blogspot.com

Makin banyak (dan makin besar) lubang yang kita buat, maka kita makin mudah untuk mengeluarkan susu dari dalam kaleng tersebut. Kita ingat kembali konsep tekanan udara.  Udara (atmosfer) menekan benda-benda di permukaan bumi dari segala arah, untuk kaleng susu dengan sebuah lubang, udara menekan keluarnya susu dari lubang, sehingga susu menjadi sulit untuk keluar, tekanan udara ‘mengalahkan’ berat susu. Berbeda halnya dengan kaleng dengan dua buah lubang atau lebih, susu lebih mudah dikeluarkan karena tekanan udara pada lubang keluarnya susu saling ‘meniadakan’ dengan tekanan udara yang masuk dari lubang lainnya. Berikut ilustrasinya
Ilustrasi Tekanan Udara pada Kaleng Susu dengan Sebuah Lubang (kiri) dan Dua Buah Lubang (kanan)
Sebenarnya, kamu dapat mengeluarkan susu dalam kaleng dengan sebuah lubang, asal saja lubang tersebut cukup besar sehingga ketika susu hendak dikeluarkan masih tersisa rongga untuk masuknya udara ke dalam kaleng, sehingga tekanannya saling ‘meniadakan’.
Tekanan Udara pada Kaleng Susu
Kamu yang kritis mungkin bertanya, “apakah tekanan udara begitu besarnya sehingga susu di dalam kaleng yang berlubang (satu lubang kecil) pun sulit dikeluarkan dari kaleng tersebut? Apakah udara yang tak terlihat mampu menopang berat susu?” Jawabannya, Iya! Justru tekanan udara sangat besar, yaitu sekitar 10 ton dalam setiap 1 m2 permukaan!
fisikaveritas.blogspot.com
Eksperimen sederhana:
Masukkan sedotan transparan ke dalam gelas berisi air, kemudian tutup rapat lubang-atas sedotan dengan jari, angkat sedotan keluar dari gelas sembari jari masih menutup rapat lubang-atas sedotan. Apa yang terjadi? Sebagian air dari gelas tadi terperangkap di dalam sedotan itu dan tidak jatuh. Coba lepaskan jari kamu dari lubang-atas sedotan, air yang terperangkap tadi akan langsung jatuh.
Penjelasan tentang eksperimen ini sama persis seperti penjelasan kaleng susu dengan dua lubang di atas.





2 comments :

Silahkan Tulis Komentar Kamu :)