Mengapa Lensa Cembung Mengumpulkan Cahaya dan Lensa Cekung Menyebarkan Cahaya?


Pembiasan cahaya pada lensa cembung dan lensa cekung ditunjukkan oleh gambar di atas, namun tahukah kamu kenapa bisa demikian?

Hukum pembiasan yang paling dasar adalah prinsip Huygens dan Hukum Snellius; untuk kasus ini, lebih mudah jika kita tinjau dari hukum Snellius.

Hukum Snellius



Indeks bias (n) merupakan ukuran kerapatan optis suatu benda yang didefinisikan sebagai


Dari definisi di atas, n tidak mungkin kurang dari 1 karena kecepatan cahaya di dalam bahan (v) selalu lebih kecil daripada kecepatan cahaya di ruang hampa (c).

Untuk bahan, makin rapat bahan tersebut (secara optik) maka n semakin besar. Hukum Snellius menyatakan,”sudut bias cahaya akan lebih kecil daripada sudut datang cahaya (menuju garis normal) jika dibiaskan dari medium yang kurang rapat ke medium yang lebih rapat; jika sebaliknya, akan menjauhi garis normal.”

Untuk lensa cembung, kita bayangkan bahwa lensa itu kumpulan segmen seperti gambar di bawah ini: Kita tinjau satu segmen paling atas


Maka


Semakin mulus kelengkungan lensa (segmennya banyak) maka cahaya bias akan terkumpul di satu titik yang dinamakan titik fokus lensa.

Untuk Lensa cekung, prinsipnya sama, namun kebalikan dari lensa cembung



Maka

Sekarang tahu 'kan kenapa lensa cembung mengumpulkan cahaya dan lensa cekung menyebarkan cahaya..


1 comment :

Silahkan Tulis Komentar Kamu :)