Dari Rumus Kinematika: 1 = ½ ?

Kamu yang familiar dengan fisika pasti tahu dan hapal rumus-rumus dasar kinematika `kan? Tahukah kamu dari rumus-rumus itu bisa didapatkan bahwa 1 = ½ ? Oke, kita mulai ya. Coba ikuti alur rumus di bawah ini dengan asumsi posisi dan kecepatan awal adalah nol. Ingat rumus ini



kita tahu bahwa   dan , selanjutnya






1 = ½ ? Tentu saja hal ini tidak benar! Jadi ada yang salah dengan rumus kinematika yang dipakai selama lebih kurang 450 tahun ini? Tentu saja tidak ada yang salah dengan rumus kinematikanya; kesalahannya adalah bahwa pada alur perumusan di atas, disubstitusikan rumus Gerak Lurus Beraturan (GLB) ke dalam rumus Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB).

         Rumus adalah rumus untuk GLB yang tidak dapat secara langsung dikaitkan dengan rumus GLBB seperti di atas. Jadi secara konsep tidak dapat disubstitusi ke persamaan GLBB walaupun secara matematis bisa. (Arti fisis kedua rumus tersebut berbeda).

Ingat, rumus-rumus fisika dibangun dari konsep-konsep fisika, sekedar menghapalkannya tanpa mengetahui makna fisisnya akan membuang pengertian kita mengenai fisika.

Fisika bukanlah matematika; namun, matematika sangat diperlukan sebagai bahasa untuk mengomunikasikan fisika secara formal. Terkadang pengetahuan fisika seseorang dapat diuji dari penggunaan matematikanya.


1 comment :

  1. Kalo yang sudah biasa dengan konsep GLB dan GLBB ga mungkin mau mensubstisukan x=vt ke GLBB. karena tau x di GLBB

    x=1/2(vt-vo).t atau jika vo=0 maka x=1/2.v.t

    ReplyDelete

Silahkan Tulis Komentar Kamu :)