Unsur Penyusun ‘Tombol Perintah’ di Film Man of Steel

Kamu yang sudah menonton film Man of Steel (Superman) pasti tahu tentang tombol perintah yang bersimbol huruf ‘S’ di salah satu ujungnya, –lihat gambar di bawah–. Konon bahwa unsur penyusun tombol perintah tersebut tidak terdapat di tabel periodik unsur. Hmm... ada yang janggal?
Tombol Perintah di Film Man of Steel
Ada yang janggal. Kita mulai dulu dari bahasan tentang pengurutan unsur di dalam tabel periodik unsur. Pengurutan unsur (atau elemen) di dalam tabel periodik unsur diurutkan berdasarkan jumlah proton suatu atom dan kemiripan sifatnya. Maksudnya, suatu unsur berbeda dengan unsur lainnya karena jumlah protonnya berbeda, mulai dari yang paling ringan: Hidrogen (H), dengan satu buah proton; Helium (He), dua buah proton; Lithium (Li), tiga buah proton; dan seterusnya.

Tabel Periodik Unsur
Nah, jika elemen atau unsur penyusun tombol perintah tersebut tidak terdapat di dalam tabel periodik unsur, kemungkinannya adalah bahwa unsur penyusun tombol perintah tersebut memiliki jumlah proton lebih dari 116 buah, lebih banyak daripada yang dimiliki oleh unsur Ununhexium (Uuh) berdasarkan tabel periodik unsur kita di atas. Tapi –ada tapinya–, unsur yang memiliki jumlah proton yang banyak (unsur yang berat) tidak stabil dan dapat meluruh (radioaktif) dengan cepat menjadi unsur-unsur yang lebih ringan karena gaya ikat atom tidak kuat untuk mengikat banyak proton tersebut, contohnya Uranium (92 proton). Unsur Ununhexium saja tidak pernah ditemukan secara alami di alam, dan hanya bisa dibuat pada laboratorium yang sangat canggih, bahkan sekalinya berhasil dibuat, unsur Ununhexium ini meluruh dalam waktu sekitar 76 milidetik, waktu yang sangat singkat sehingga peneliti tidak dapat sempat untuk mengamati sifat fisika dan kimiawinya.
Semua unsur-unsur yang kita kenal sekarang ini seperti Karbon (6 proton), Oksigen (8 proton), Besi (26 proton), dan sebagainya terbentuk dari penggabungan (fusion) unsur-unsur sederhana seperti Hidrogen (1 proton) dan Helium (2 proton) pada inti bintang yang memiliki tekanan dan temperatur yang luar biasa tinggi, dan ketika bintang meledak menjadi supernova, unsur-unsur yang lebih berat seperti Uranium terbentuk. Hampir semua unsur di alam semesta telah terdaftar di dalam tabel periodik unsur, kalaupun nanti ditemukan adanya unsur yang memiliki proton yang sangat banyak dan stabil, itu hanya akan menambah daftar tabel periodik unsur yang kita kenal sekarang, dan penemu unsur tersebut akan mendapat Hadiah Nobel di bidang Fisika dan/atau Kimia.
Benarkah unsur penyusun tombol perintah itu tidak terdapat di dalam tabel periodik unsur? Ataukah unsur tersebut lebih berat dari Ununhexium sehingga tidak terdapat pada tabel periodik unsur kita sekarang? Jika ya, seharusnya tombol perintah tersebut meluruh dengan cepat sampai menjadi unsur yang lebih ringan dan tentu saja hasil meluruhnya unsur itu dapat dengan mudah dikenali dan terdapat di tabel periodik unsur yang sekarang.

Jadi, untuk sekarang, biarkanlah masalah unsur penyusun tombol perintah itu tetap menjadi hiburan semata, dan simpan saja gagasan unsur stabil yang tidak terdapat pada tabel periodik unsur untuk film-film science fiction kita.

BACA JUGA:
 www.iupac.org 



No comments :

Post a Comment

Silahkan Tulis Komentar Kamu :)