Pernahkah Kamu mendengar tentang
Image Rendering? Kalau belum, silahkan lihat gambar botol di bawah ini
http://fisikaveritas.blogspot.com: Diizinkan menyalin artikel ini jika mencantumkan FISIKAVERITAS sebagai sumbernya
Gambar botol di atas adalah
contoh hasil rendering sederhana pada gambar 3-dimensi yang kami buat untuk
artikel kali ini. Gambar mentah (objek 3D) yang kami buat untuk menghasilkan
gambar di atas adalah gambar di bawah ini
Rendering adalah proses pembuatan
gambar realistik 3-dimensi (3D) dengan bantuan komputer. Pada prosesnya,
komputer mencirikan deskripsi tentang detil-detil objek 3-dimensi yang kita
buat. Untuk menghasilkan gambar seperti hasil fotografi (photographiclike/photorealistic), komputer harus melakukan
perhitungan perspektif, objek dan permukaan objek. Sederhananya, komputer
meniru proses pemantulan dan pembiasan cahaya pada objek 3D yang kita buat di
komputer dan kemudian ‘menjatuhkan’ cahaya pantul dan bias tadi ke setiap pixel layar komputer kita, sehingga
gambar akhir yang didapat seperti gambar yang realistik.
Rendering pada komputer
sebenarnya adalah perhitungan pemantulan dan pembiasan cahaya pada objek 3D
yang kita buat. Program komputer untuk rendering berasal dari algoritma
hukum-hukum fisika tentang cahaya, seperti hukum Snellius. Jika kita
menginginkan gambar hasil rendering yang sangat realistis, maka proses
perhitungan pada komputer akan semakin lama dan semakin berat. Dengan
rendering, objek 3D yang kurang bagus dapat menjadi gambar yang realistis dan
berseni tinggi.
Film-film animasi seperti film Toys
Story, A Bug’s Live, Frozen, Monster University, dan lainnya sebenarnya menggunakan rendering
objek 3D. Dengan rendering pula dapat dihasilkan gambar-gambar yang sangat
realistis pada beberapa adegan film-film science
fiction – action seperti Hulk,
Iron Man, dan Thor. Untuk film animasi, setidaknya dibutuhkan 25 gambar hasil rendering
setiap detik agar film tersebut tidak jitter
(patah-patah). Proses rendering untuk industri film membutuhkan waktu
berbulan-bulan walaupun dengan banyak komputer yang sangat canggih.
http://fisikaveritas.blogspot.com: Diizinkan menyalin artikel ini jika mencantumkan FISIKAVERITAS sebagai sumbernya
Ada banyak software yang bisa
digunakan untuk menggambar objek 3D, antara lain Google Sketchup, 3D Max, Autodesk AutoCAD, blender dan lain sebagainya. Sedangkan software untuk melakukan rendering
objek 3D biasanya terpisah dari software untuk membuat objek 3D-nya, sehingga perlu di-download lagi dan dipasang pada Google Sketchup atau yang lainnya; adapun software plugin
untuk rendering objek 3D antara lain adalah Vray, Indigo Renderer, LuxRender, dan lain-lain.
Objek 3D pada artikel ini kami
buat dengan menggunakan software Autodesk AutoCAD 2011 (Student Version), dan
rendering juga menggunakan Autodesk AutoCAD 2011; AutoCAD sudah menyediakan plugin rendering, jadi kita tidak perlu
repot-repot men-download dan memasang
software plugin rendering lagi.
Bagi Kamu
yang tertarik dengan seni objek 3D digital dan rendering, Kamu dapat
menggunakan AutoCAD (atau software lainnya); jangan pakai yang bajakan!. Kalau
Kamu mau menggunakan AutoCAD, Kamu dapat men-download AutoCAD gratis dari Student Autodesk. AutoCAD Student
Version dapat di-download gratis di
website resmi Student Autodesk: students.autodesk.com. Sejauh yang kami
ketahui, tidak ada perbedaan awam antara AutoCAD Student Version dengan AutoCAD berbayar.
Rendering
dengan menggunakan AutoCAD 2011 (Student Version)
Gambar hasil rendering lainnya:
Hasil rendering pada bola (cahaya
pantul dan bias)
Hasil rendering pada jaring-jaring
Kamu juga bisa membuat desain seperti ini:
TRIVIA:
- Jika Kamu ingin menggunakan software desain 3D yang open source dan powerful, Kami sarankan Kamu untuk download software blender di sini: www.blender.org/download. Blender menyediakan kemampuan untuk modeling, texturing, lighting, animation, video post-processing, dan sebagainya; hasilnya sangatlah bagus*.
- Persamaan/rumus yang dipakai pada rendering: rendering equations
No comments :
Post a Comment
Silahkan Tulis Komentar Kamu :)