Cara Membuat Nomor Halaman dengan Tipe yang Berbeda pada File yang Sama


Makalah atau karya tulis mempunyai bagian-bagian yang biasanya diberi nomor halaman. Biasanya bagian seperti Lembar Pengesahan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi menggunakan angka Romawi (i, ii, iii, iv, dst) sebagai nomor halamannya, sedangkan bagian seperti BAB I, BAB II, sampai Daftar Pustaka menggunakan angka Arab (1, 2, 3, 4, dst) sebagai nomor halamannya.

Bagi kamu yang belum tahu cara membuat makalah -di MS. Word- dengan tipe nomor halaman yang berbeda (angka Romawi dan angka Arab) pada file  yang sama; caranya adalah seperti langkah-langkah berikut ini:
(4 langkah)

1. Buat Section pada Makalah
Pertama-tama letakkan kursor di akhir halaman yang akan menggunakan angka Romawi sebagai nomor halamannya, pada contoh ini di akhir halaman Daftar Isi:


2. kemudian klik Page Layout, Breaks, Next Page


Pastikan bahwa halaman-halaman tersebut sudah terbagi menjadi dua buah sections dengan klik dua kali pada bagian bawah halaman. Pastikan muncul seperti pada gambar di bawah ini. 

fisikaveritas.blogspot.com
3.  Masukkan nomor halaman klik Insert, Page Number


~ klik pada bagian footer section 1 untuk memberi nomor halaman berupa angka Romawi:
klik Insert, Page Number, Format Page Number


klik OK

~ dengan cara yang sama seperti di atas klik pada bagian footer section 2 untuk memberi nomor halaman berupa angka Arab:
klik Insert, Page Number, Format Page Number

klik OK


4. Cek semua nomor halaman
Jika belum berhasil coba periksa apakah section yang dibuat sebelumnya terhapus dengan klik bagian bawah halaman apakah terdapat 2 section, jika tidak maka ulangi dari langkah 2.

Selesai.
Semoga Bermanfaat.





No comments:

Post a Comment